Wednesday, August 1, 2018

Jangan Segan Bicarakan Kondisi Keuangan dengan Orangtua


Pengalaman senantiasa menjadi guru yang baik”, inilah yang bisa didapat dari orangtua kita yang telah mempunyai lebih banyak pengalaman hidup dibanding diri kita. Ada banyak pembelajaran penting yang bisa dipelajari dari mereka, tentunya dalam berjenis-jenis nasihat berguna yang bisa diterapkan dalam kehidupan.

Bukan cuma sekedar kata-kata, berjenis-jenis nasihat ini tak jarang yakni pembelajaran yang bisa diingat sepanjang waktu. Bagaimanapun juga, orangtua tentu senantiasa mengharapkan anak-si kecilnya berada di trek yang benar, termasuk ketika mengelola keuangan.

Untuk beberapa orang, hal ini mungkin bukanlah sesuatu yang aneh, terlebih bagi mereka yang telah terbiasa terbuka seputar kondisi keuangan kepada orangtua. Tapi, bagi mereka yang belum pernah mencoba untuk membahasnya bersama orangtua, akan betul-betul ideal bila langsung mengawalinya.

Keuangan yakni hal yang penting untuk senantiasa ditangani dengan ideal, termasuk dengan membahasnya bersama orangtua yang tentunya telah mempunyai lebih banyak pengalaman dibanding kita.

Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mulai mendiskusikan keuangan bersama orangtua, yakni:

1. Pilih Waktu yang Pas
Untuk membuat suasana diskusi yang nyaman, ada pantasnya kita memilih waktu yang ideal untuk memulai diskusi ini. Jangan menunda-nunda, melainkan tak perlu juga memaksakan diri di ketika yang kurang ideal.

Pastikan suasana hati dan juga kondisi orangtua memang sedang mendukung untuk membahas hal yang cukup serius ini. Sehingga berjenis-jenis hal yang akan didiskusikan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

2. Mulai dengan Langkah yang Pas
Hindari untuk “menodong” orangtua dengan berjenis-jenis pertanyaan yang kompleks dan berat, terlebih bila sebelumnya pembahasan ini belum pernah dilaksanakan. Pilih topik diskusi yang ringan terlebih dahulu, sehingga diskusi bisa mengalir dan berjalan dengan santai tanpa muatan.

Berikutnya, Anda bisa meneruskan pembahasan ke hal yang serius, yakni mendiskusikan masalah kondisi keuangan Anda sekarang ini. Siapa tahu, orangtua mempunyai solusi yang ideal, bukan?

3. Bersikaplah Dewasa dan Lebih Banyak Mendengar
Dikala mendiskusikan keuangan dengan orangtua, bersikaplah lebih dewasa dan konsisten pada batasan kita sebagai anak. Jangan memegang atau menerapkan kata-kata yang berlebihan, meskipun pendapat orangtua tak sesuai dengan pemikiran Anda.

Upayakan untuk lebih banyak mendengar ketimbang berbincang-bincang, dan pilihlah kata-kata yang ideal ketika berpendapat. Ini penting agar orangtua tak tersinggung ketika mendengarnya.

Keuangan menjadi hal yang betul-betul penting untuk direncanakan dan dibahas bersama orangtua. Kendati belum terbiasa, upayakan untuk langsung memulai diskusi yang satu ini. Pilih waktu yang terbaik dan cara yang paling ideal untuk mengutarakannya, sehingga diskusi ini bisa membuahkan hasil dan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment

Jangan Segan Bicarakan Kondisi Keuangan dengan Orangtua

“ Pengalaman senantiasa menjadi guru yang baik”, inilah yang bisa didapat dari orangtua kita yang telah mempunyai lebih banyak pengalama...