Tuesday, July 3, 2018

Nikah Berkesan dengan Budget Rp20 Juta, Simak Simulasi dan Tipsnya


Berencana menikah dan berharap mengawali kehidupan yang baru, Anda dan pasangan tentu berharap bisa menggelar sebuah pesta pernikahan yang berkesan dan penuh dengan kenangan. Walaupun ini amat wajar, sebab pada kenyataannya hampir semua pasangan akan memimpikan hal yang sama. Tapi untuk sebuah pesta pernikahan yang besar dan berkesan, tentu akan diperlukan dana yang juga tak kalah besar, bukan?

Pada dasarnya, sebuah pernikahan yang sederhana juga bisa saja berkesan dan kelihatan elegan, pun sedangkan cuma mempunyai budget Rp20 Juta saja untuk semua keperluan pernikahan. Awalnya hal ini mungkin terdengar sedikit mustahil, mengingat akan ada banyak sekali keperluan yang seharusnya dipenuhi untuk sebuah pesta pernikahan.
 

Tapi, seandainya Anda dan pasangan bisa mengelola dana hal yang demikian dengan bagus dan mengalokasikannya dengan amat hati-hati sesuai dengan anggaran ketat yang telah diatur sejak awal, maka pernikahan berkesan dengan budget Rp20 Juta ini bisa saja terlaksana dengan bagus. Untuk bisa sukses dengan pernikahan yang hemat, pastikan Anda dan pasangan telah membentuk anggaran pernikahan yang ketat sejak awal. Walaupun ini penting, agar semua agenda dan juga uang keluar bisa dikelola dengan tepat, sehingga dana Rp20 Juta hal yang demikian cukup untuk semuanya.

Tak ketat, susunlah anggaran ini dengan masuk akal. Artinya, anggaran hal yang demikian memang mungkin untuk dikerjakan dengan bagus dan bisa membikin pesta pernikahan berjalan lancar dan berkesan. Pada simulasi di atas, jelas kelihatan beberapa pos pengeluaran terbesar dipangkas atau pun dihilangkan. Walaupun hal yang demikian tentu seharusnya dikerjakan dengan pertimbangan yang matang, agar tak hingga mengganggu acara pernikahan Anda nantinya. Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dibuat sebagai pertimbangan untuk membikin pesta pernikahan Rp20 Juta tetap berkesan dan berjalan dengan lancar:

1. Adakan Pesta di Rumah
Di dalam pesta pernikahan, tarif sewa gedung adalah salah satu komponen tarif yang paling besar, jadi Anda seharusnya menghilangkannya dari pos pengeluaran. Semakin perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta di gedung yang sewanya bisa saja menempuh belasan hingga puluhan juta, sebab ini akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang Anda miliki. Adakan pesta pernikahan di rumah, agar tarif bisa ditekan. Walaupun ini juga memungkinkan Anda untuk mempunyai pesta pernikahan yang hangat dan kental dengan nuansa kekeluargaan.

2. Selektif dalam Memilih Pakaian
Penting untuk selektif dalam memilih tamu undangan yang akan menghadiri pesta pernikahan hal yang demikian, sebab hal ini akan secara langsung memberi pengaruh besaran tarif yang akan dikeluarkan nanti. Tak banyak tamu, tentu tarif yang diperlukan juga akan kian besar. Undanglah cuma keluarga serta kerabat dekat saja, ditambah dengan teman dekat serta kolega Anda dan pasangan. Pilih dan tentukan tamu undangan ini secara selektif, seandainya perlu, libatkan juga bapak dan ibu ketika mempertimbangkannya.

3. Pilih Undangan dan Souvenir yang Unik tapi Murah
Murah, tapi jangan yang murahan. Ada banyak undangan yang bisa dipilih bersama pasangan, pun sedangkan budget-nya terbatas. Selain ini, undangan dengan kisaran harga Rp2.000,- saja juga telah cukup bagus dan bisa dibuat sebagai pilihan. Pesan undangan untuk tamu tertentu saja, sebab untuk para teman dekat dan keluarga, mengundang secara langsung tentu akan jauh lebih bagus. Walaupun yang sama juga berlaku untuk souvenir, dengan kisaran harga Rp4000,- saja telah bisa mendapatkan yang unik dan lucu. Pesan souvenir pernikahan ini lebih banyak dari undangan, agar teman dekat dan keluarga yang Anda undang langsung juga kebagian.

4. Atur Sendiri Dekorasi
Alokasikan juga dana untuk keperluan dekorasi, agar pesta berkesan dan kelihatan elegan. Atur sendiri dekorasi pesta pernikahan, termasuk berjenis-jenis pernak-pernik serta bunga yag berharap diterapkan nantinya. Ini akan jauh lebih hemat, daripada menerapkan jasa dekorasi dari pihak lain.

5. Sewa Bakat Pengantin
Semakin perlu membeli baju pengantin pernikahan yang harganya berjuta-juta, sebab baju ini pun cuma diterapkan satu kali saja. Sewa baju pengantin hal yang demikian, termasuk untuk pagar ayu dan keluarga lainnya (seandainya perlu). Ini akan menghemat banyak uang, mengingat harga busana pengantin juga terbilang amat mahal.

6. Masak Sendiri Hidangan Pesta
Walaupun gedung, tarif katering adalah komponen terbesar lainnya di dalam anggaran pernikahan. Pangkas tarif ini dengan sistem menyiapkan sendiri hidangan pestamu. Mintalah bantuan terhadap keluarga, kerabat, atau pun tetangga yang memang spesialis di bidang hal yang demikian. Jangan lupa untuk memberikan imbalan atas bantuan mereka, sebab ada banyak pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dalam mempersiapkan berjenis-jenis menu hidangan ini. Pilih dan coba beberapa menu yang Anda anggap tepat, sehingga tampilan dan rasanya tak mengecewakan.

No comments:

Post a Comment

Jangan Segan Bicarakan Kondisi Keuangan dengan Orangtua

“ Pengalaman senantiasa menjadi guru yang baik”, inilah yang bisa didapat dari orangtua kita yang telah mempunyai lebih banyak pengalama...